Rabu, 12 Oktober 2011

FASILITAS LAYANAN INTERNET


A.Fasilitas dan layanan internet

            Internet (interconnection networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer diseluruh dunia (world wide network) sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace) di mana antara suatu komputer dengan komputer yang lainnya dapat saling terhubungan atau berkomonikasi.
Manfaat dari penggunaan internet adalah sebagai berikut.
1. Media untuk mendapatkan informasi secara cepat dan murah.
2. Media untuk melakukan promosi dan penawaran bagi perusahaan untuk   memperkenalkan produknya.
3. Media komonikasi interaktif seperti e-mail, chatting, mailing list, video konferensi, dan lain-lain.
4. Media untuk membantu dalam kegiatan bisnis, pendidikan (e-learning), maupun sistem perdagangan secara online (e-commerce).
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila berada di dalam dunia internet, yaitu sebagai berikut.
1. World wide web (www), merupakan kumpulan web server  dari seluruh  dunia yang berfungsi menyediyakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat ditemukan menggunakan www, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan, dan sebagainya. Diumpamakan www merupakan perpustakaan besar ynag menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
2. Web site (situs web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi degan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
3. Web page (halaman web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs  web tertentu. Diumpamakan  halaman web ini adalah sebuah halaman khusus dari situs  web tertentu.
4. Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.
5. Browser, merupakan program aplikasi  yang digunakan untuk memudahkan penggunaan melakukan navigasi  berbagai data dan infornasi menggunakan www.
Berbagai fasilitas dan layanan internet yang sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna adalah sebagai berikut.
1. Mailing list, merupakan fasilitas yang digunakan oleh sekelompok pengguna sebagai sarana diskusi atau tukar-menukar informasi di antara para anggotanya lewat e-mail.
2. E-mail, merupakan fasilitas untuk mengirim dan menerima  pesan dalam bentuk surat elektronik dari alamat suatu ke alamat lain melalui internet dan dapat menyertakan  file sebagai lampiran (attachment).
3. Internet Relay Chat (IRC) atau chattig, merupakan fasilitas untuk berkomonikasi  secara internet antarpengguna komputer satu degan lainya yang saling terhubung dalam jaringan internet
4. File Transfer Protocol (FTP), merupakan fasilitas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menetapkan file, data, serta program yang tersimpan dalam internet.
5. Voice Over Internet Protocol (VOIP), merupakan fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet. Fasilitas ini bisa digunakan pada jaringan dengan skala luas maupun kecil (LAN).
6. Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendisteribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran, ataupun file ke pemakayan internet yang lain yang terkabung degan kelompok diskusi untuk topik tertentu.degan fasilitas ini pula pengguna dapat melaku kan diskusi, seminar, ataupun konferensi degan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang, dan tempat
7. Ghoper, merupakan fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol ghoper. Ghoper jugak menyediakan menu direktori dari subdirektori sehingga mirip dengan client-server.
8. Dengan menggunakan fasilitas ini makapemakayan jarak jauh dapat menukar file antarpengguna komputer dan menjalankan prokgram yang ada pada komputer tersebut. Untuk mengakses Tlenet makapengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
9. Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), merupakan fasilitas berbasis www. Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat mengakses informasi suatu situs yang ditulis dengan bahasa HTML yang berupa teks, gambar, animasi, suara, film, dan lain-lain.
Melalui internet kita jugak bisa melakukan aktivitas untuk menjalani  berbagai macam fasilitas layanan dan berbagai jenis kegiatan yang ada pada web tersebut. Kegiatan ini bisa juga disebut surfing.                                                                                                  Beberapa aktifitas surfing yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain sebagai berikut.
1. Mencari layanan informasi –informasi penting yang menyangkut kegiatan peribadi.
2.  Melakukan  kegiatan belajar di internet.
3.  Melakukan dwonload program dan apabila secara garis.
4.  Membaca berita, artikel, makalah, dan lain-lain.
5.  Mengambil dan menyimpan informasi yang dibutuhkan.
B. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
1.Komputer
         Komputer adalah suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet. Dalam hari ini fungsi dari komputer itu sendiri adalah sebagai saranan dalam proses akses internet jugak lebih cepat di bantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kerja komputer dalam mengakses internet.
        Spesifikas minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut.
a.           Processor
             Merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam                  Komputer.  Processor minimal yang digunakan adalah pentium lll 500 MHz.
b.    RAM(Random Access Memory)
         Berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Spesifikasi RAM minimal yang       Digunaka untuk akses internet adalah 64 MB.
c.    Harddisk
        Digunakan sebagai media penyimpanan data cara megnetik. Sepesifikasi harddisk  Minimal yang  digunakan untuk mengakses internet adalah 20 GB.
d.    VGA Card
        Merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada gambar layar  Monitor. Sepisifikasi minimal VGA acrd yang di gunakan untuk akses internet adalah 4 MB.
e.    Monitor
         Merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari kompoter.
2. Modem
            Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Umumnya alat ini digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial up dengan line telephone dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Modulator merupakan bagan yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pmbawa (carrier) dan sdiap untuk dikirimkan, sedangkan pengertian demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterimasehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
            Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal gabungan. Modem terbagi menjadi sebagai berikut.
a.    Amplitude modulation (AM), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitudo gelombang pembawa sesuai dengan amplitudo sinyal informasi.
b.    Frequency Modulation (FM), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frekuensi gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal informasi.
c.    Pulse Modulation (PM), modulasi pulsa dibedakan menjadi sebag ai berikut.
1.     PAM (Pulse Amplitude Modulation), amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.
2.    PPM (Pulse Position Modulation), yaitu posisi pulsa berubah-ubah sesuai sudut pada sinyal informasi.
3.    PWM (Pulse Width Modulation), jarak antar pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.
4.    Digital Modulation, terdiri dari FSK (Frequency Shift Keying), yaitu pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner sinyal analog yang dikodekan.
       Ada beberapa jenis modem dengan beberapa kegunaanya yaitu sebagai berikut.
A.  Modem Dial Up
Modem dial up biasa digunakan oleh personal computer  (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu sebagai berikut.
1)   Modem internal
Modem internal adalah modem komputer yang dapat  dipasang ke slot yang ada di komputer. Modem jenis ini biasanya dgunakan untuk kabel telepon dan harganya relatifmurah. Rata – rata kecepatan modem internal untuk melakukan downlad adalah 56 kbps.
Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain sebagai berikut.
a.       Lebih hemat dan harga lebih lebih optimis.
b.      Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal sebagai berikut.
a.    Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga kulit untuk memantau status modem.
b.    Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply yang mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2)   Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui COM port atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power (arus) dan menghubungkannya ke adaptor lalu disambungkan ke listrik (arus).  
            Keuntungan modem eksternal adalah sebagai berikut.
a.    Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa dipindah – pindah untuk digunakan pada komputer lain.
b.    Dilengkapi dengan lampu indikator sehingga mudh untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal adalah sebagai berikut.
a.    Harga lebih mahal dari pada modem internal .
b.    Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

B.   Modem Kabel
Modem kabel (cable modem) adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet  dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up atau modem ADSL, kecepatan modem dengan maksimum 27 Mbps downstrem (kecepatan download ke pengguna).
            Agar komputer dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendafataran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider ) terdekat.
C.  Modem 3G
Modem 3G adalah modem yang digunakan untuk mengakses menggunakan kabel seluler. Modem 3G dapat berupa handphone atau berupa USB seperti flashdisk. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multipple Acces), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.
Karakteristik dari modem 3G adalah sebagai berikut.
1)    Diperlukan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem 3G pada komputer.
2)   Kecepatan akses internet yang dapat diperoleh menggunakan modem 3G sangat bergantung pada lokasi tower seluler yang mendukung akses 3G.
3)   Untuk lokasi yang dekat sekitar 100-200 meter dari tower operator seluler 3G, user mungkin akan memperoleh akses internet sekitar 1-2 Mbps. Untuk lokasi di luar kota atau daerah yang jauh dari tower operator selular 3G kemungkinan besar user akan memperoleh kecepatan cukup pelan sekitar 9,6-20 Kbps.

D.  Modem ADSL
Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
Ide utama ADSL adalah untuk memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan atau menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Jenis modem ADSL ini banyak digunakan di indonesia, modem ini juga merupakan gabungan dengan router didalamnya, atau lebih sering dikenal sebagai modem Speedy Telkom. Sebenarnya lebih tepat disebut router ADSL, tetapi kebanyakan orang tetap menyebutnya modem ADSL.
Kelebihan dari modem ADSL adalah sebagai berikut.
1.     Adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah yang difungsikan secara proporsional.
2.    Memiliki frekuensi tinggi untuk browsing di internet sedangkan frekuensi rendah difungsikan sebagai saluran telepon biasa.
3.    Penggunaan internet dengan modem ini biayanya lebih murah  dibandingkan modem dial up.
Kelemahan modem ADSL adalah sebagai berikut.
1.     Dipengaruhi oleh jarak pada kecepatan pengiriman data.
2.    Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL seperti Linux dan Windows 98.

E.  Modem Wi-Fi (Wireless Fidelity)
      Modem Wi-Fi adalah modem yang secara internal dapat langsung dipakai di ruangan yang telah tersedia hotspot dan biasanya sudah terpasang pada komputer jenis laptop. Sebagian besar peralatan Wi-Fi biasanya bekerja pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz.
Pada penggunaan modem ini terdapat istilah hotspot yaitu istilah yang digunakan bagi jaringan  internet berbasis Wi-Fi dissebuah ruangan. Kecepatan akses internet menggunakan Wi-Fi cukup cepat dengan kecepatan  minimal 1Mbps sampai dengan sekitar 54 Mbps.
          Pada penggunaan modem ini terdapat istilah hotspot yaitu istilah yang di gunakan bagi jaringan intenet berbasis Wi-Fi cukup cepat dengan kecepatan minimal 1 Mbps sampai dengan sekitar 54 Mbps.
3. SALURAN telepon(line telephone), TV Kabel, ISDN, Saleit, dan   
          Handpone
a.              saluran telepon (Line Telepone)
saluran telepon jugak merupakan perangkat keras yang penting  dan diperlakukan untuk menghubungkan computer dengan internet. Peenggunaan saluran telepon ini jugak diikuti dengan penggunaan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Tellkomnet@instan yang secara langsung dapat melakukan akses internet.
b.              TV Kabel
Selain saluran telepon, untuk melakukan akses intenet jugak bias di laku kan dengan menggunakan TV kabel, untuk bias mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yank dipakay adalah modem kabel. Agar dapat  mnggunakan modem kabel., computer harus dilengkapi dengan enthernet  (enthernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jarinagan TV kabel dengan ISP di antaranya Cbn, Indosat, Linknet, Centrin, dan Mynet.
c.               ISDN
ISDN (integrated Services Digital Network) adalah suatusistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintergrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan tranmisi system telepon analog ke system digital.
          Para pemakay ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk system terintegrasi ini akan jauh lebih mudah apabila menggunakan system yang terpisah. Layanan ISDN disediyakan oleh ISP yang disebut dengan ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider). Ada dua jenis pelayanan di ISDN, yaitu basic rate intefce (BRI) dan primsry rate interface (PRI).
d.              satelit
satelit yang di gunakan adalah VSAT (very small aperture terminal) adalah stasiun penerrima sinyal dari satelit dengan antenna penerima behrbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima data ke satelit.
e.               Handphone
Internet jugak dikembangkan untu aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaat kan handphone . protocol yang digunakan disebut WAP (wireless application protocol) disingkat WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggaman digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat atuau membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah formal taks khusus.
WAP bekerja  dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 kbps. Selain WAP, di kembang kan pula teknologi GPRS (general packet radio service), GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke computer, notebook, dan handheld computer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar